Batik Probolinggo

Repost. 
Original Posted: 4 Januari 2018
https://batiquecollection.wordpress.com/2018/01/04/batik-probolinggo/ 


Batik Probolinggo


Artikel kali ini kita akan membahas corak batik dari salah satu Kota yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kota ini terletak sekitar 100 km sebelah Tenggara Surabaya. Yaaa!! Kota ini adalah Kota Probolinggo. Kota Probolinggo berbatasan dengan Selat Madura di sebelah Utara. Dan pada bagian Timur berbatasan dengan Kota Pasuruan dan Kabupaten Lumajang.
Sebagai salah satu ikon Kota Probolinggo, buah Mangga dan Anggur menjadi identitas bagi pengrajin Batik di kota yang terkenal sebagai Bayuangga (Bayu, Angin, Anggur dan Mangga). Nah untuk itu nih, batik khas Probolinggo dengan motif-motif yang berkesan alami, diambil dari motif-motif yang bernuansa alam seperti motif Anggur, Mangga, Bayu dan Angin, atau perpaduan dari unsur keempatnya, sehingga memberikan nuansa alami dan khas bagi kamu para penggemar kain atau pakaian batik nih sahabat Batique!
Nah Kota Probolinggo dikenal juga nih dengan potensi tanaman Mangga dan Anggur, maka buah yang segar itu diangkat menjadi produksi Batik. Batik tersebut dinamakan Batik Manggur. Batik Manggur merupakan batik yang memiliki corak dengan dominan buah Mangga dan Anggur. Dalam pembuatan corak atau motif batik khas Kota Probolinggo ini harus menguasai teknik pembuatan batik secara manual atau batik tulis, sehingga batik mempunyai corak khas dan berbeda dengan batik-batik lain.
Batik Probolinggo yang asli dibuat secara tradisional, cara pembuatannya yaitu dengan menggambar batik memakai malam, setelah itu diwarnai sesuai dengan motif. Keunikan produk didasarkan pada proses pembuatannya warna alami yang diambil dari pohon-pohon setempat seperti  dari daun ketepeng, daun mangga, kulit kayu mauni, dan lain-lain. Yang tentunya dengan pembuatan menggunakan warna alami yang memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi nih Sahabat Batique!
Nah untuk itu, kita harus bangga nih pakai Batik Khas asli Indonesia!!


Author: Fadhillah Azzahra

Komentar