Kelas Musik Pianika


Musik adalah ungkapan sebuah perasaan yang dituangkan ke dalam notasi, baik notasi angka maupun notasi balok. Musik merupakan karya cipta kelompok maupun perorangan, sehingga wajib menjaga keutuhannya.
Alat musik yang paling mudah adalah pianika, oktaf 1 dan seterusnya sudah ada, jadi tidak perlu disetel kembali dan bisa digunakan oleh semua usia. Alat musik pianika sebenarnya berbeda dengan piano. Cara memainkannya memang sedikit sama, namun perbedaan sangat kuat terletak pada jenis suara yang dihasilkan. Pianika merupakan alat musik penghasil melodi. Pianika tidak dapat berdiri sendiri karena harus diiringi dengan alat musik harmonis. Inilah sebabnya pianika lebih dikenal sebagai melodika.
“Pianika adalah alat baku yang sudah bisa dipakai dan bisa digunakan oleh semua usia sebetulnya dan itu karena musiknya manual, sehingga orang tidak ketakutan nanti rusak atau yang lainnya.” Ungkap Mursidi.
IMG_0025
Mursidi adalah guru yang membuka kelas musik pianika di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Manunggal (RPTRA Manunggal). Pada peresmian RPTRA Manunggal bulan April 2015, kelas Musik Mursidi menjadi salah satu pengisi acaranya. Dengan adanya kelas musik pianika ini juga membantu pengelola RPTRA Manunggal untuk mengisi laporan kegiatan di RPTRA Manunggal ini, selain itu dengan adanya kelas musik pianika ini juga menunjang kegiatan anak-anak di RPTRA Manunggal menjadi lebih tau bagaimana bermusik.
Mursidi menggunakan tiga kunci dasar dalam bermusik; netral, rendah dan tinggi. Mursidi berharap untuk anak-anak kelas musik pianika tentunya anak-anak harus mengenal apa itu musik, musik-musik yang terdiri dari tujuh nada yang diulang dan harus kenal, setelah kenal anak-anak harus mencoba dan setelah mencoba harus mempraktikkan dan ikut menikmati. Kalau keluar dari aturan tujuh nada, maka tidak jadi irama yang harmoni.


Original posted: https://belajarcerita.com/2017/11/25/kelas-musik-pianika/


Komentar